Sabtu, 10 Maret 2012

Technopreneurship from HIMA Hajar Aswad : Waroeng Design

Tidak dapat dipungkiri lagi, dewasa ini kebutuhan masyarakat terhadap desain sangatlah tinggi. Berbagai macam kegiatan baik itu formal maupun non formal sangat membutuhkan adanya desain, yang menjadikannya suatu karakteristik dan tema dari sebuah kegiatan tersebut. Tidak hanya melalui kegiatan saja, kehidupan manusia sehari-hari pun sangat tergantung pada desain, baik itu tempat tinggal, pakaian yang dipakai, dan lain sebagainya. Apa yang dilihat manusia tiap jengkalnya adalah sebuah hasil karya desain. Desain menjadi sebuah daya tarik visual dalam setiap langkah kehidupan manusia.

Teknologi yang diciptakan manusia untuk mempermudah segala proses dalam kehidupan manusia, juga tidak bisa lepas dari desain. Di luar dari pembahasan tersebut, teknologi dalam perannya juga diciptakan untuk mempermudah proses mendesain. Sebagai contoh di dalam dunia IT, banyak sekali diciptakan software yang fungsinya untuk mendesain. Hampir semua bentuk pembuatan desain kini sudah disediakan dalam bentuk program komputer. Bahkan di dunia arsitektur sendiri kini sangat tergantung pada pengguanaan teknologi IT tersebut.

Meskipun demikan, tidak semua orang dapat memanfaatkan teknologi tersebut untuk menciptakan sebuah karya desain. Padahal hampir semua orang membutuhkan desain dalam kehidupannya. Maka, sebagai mahasiswa yang memiliki modal keahlian di bidang desain maupun pemanfaatan teknologinya, ingin membantu mewujudkan keinginan desain dari masyarakat luas. Sebagai bentuk pengaplikasian ilmu arsitektur yang mempertimbangkan nilai estetika, juga sebagai generasi muda yang tidak ingin ketinggalan dengan adanya perkembangan teknologi.

Waroeng Design merupakan sebuah wirausaha yang dibentuk oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Arsitektur (Hajar Aswad) UIN Maliki Malang devisi Enterpreneur, memiliki tujuan utama untuk menyediakan jasa pembuatan desain yang kini sangat banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Disamping sebagai bentuk pengaplikasian ilmu arsitektur dan desain, juga sebagai sarana belajar mahasiswa untuk mengenali dunia enterprenenur yang sesungguhnya, dimana profesionalitas sangatlah dituntut. Jadi dengan adanya bisnis advertising ini, diharapkan nantinya dapat memberikan multi manfaat baik itu kepada mahasiswa teknik arsitektur sendiri maupun kepada masyarakat luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar